Tugas



Resume Kelompok 1 : Organisasi dalam masyarakat

     
Organisasi berasal dari bahasa Inggris “organization” yang artinya adalah sekelompok manusia yang berkumpul untuk memenuhi tujuan dari kelompok maupun individual. Setiap organisasi pasti mempunyai tujuan.
Organisasi ada 2 jenis yaitu :
  1. Organisasi formal adalah organisasi yang dibentuk dengan keanggotaan yang jelas, tujuan yang jelas, tanggung jawab antar kelompok yang jelas, dan pengrekrutan kelompok yang jelas, contoh organisasi formal di dalam lingkungan universitas Gunadarma adalah Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang disingkat dengan BEM. 
  2. organisasi yang informal yaitu organisasi yang hanya bersifat sementara dan tidak mempunyai tujuan yang real, contohnya makan malam sesama anak sistem informasi.  

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.
Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.



Definisi Pengambilan keputusan adalah tindakan pemilihan alternatif. Hal ini berkaian dengan fungsi manajemen. Menurut  Herbert A. Simon, ahli teori kepufusan dan organisasi mengonseptualisasikan tiga tahap utama dalam proses, pengambilan keputusan:
  1.  Aktivitas inteligensi: Berasal dari pengertian militer "intelligence," Simon mendeskripsikan tahap awal ini sebagai penelusuran kondisi lingkungan yang memerlukan pengambilan keputusan.   
  2. Aktivitas desain: Selama tahap kedua, mungkin terjadi tindakan penemuan, pengembangan, dan analisis masalah.
  3. Aktivitas memilih: Tahap ketiga dan terakhir ini merupakan pilihan sebenarnya-memilih tindakan tertentu dari yang tersedia.


 Resume Kelompok 5 : Perubahan dan Perkembangan Organisasi

Organisasi pasti mengalami yang namanya perubahan dan perkembangan. Perubahan dalam organisasi terjadi dengan banyak cara, yang antara lainnya adalah :
  1. Perubahan Terencana, pada perubahan ini semuanya telah di rencanakan. Misalkan pemilik perusahaan baju ingin juga memproduksi celana, sehingga membuat rencana untuk mendesain celana dan mempublikasikan celananya, sehingga perusahaan baju tersebut tidak hanya menjual baju saja tetapi juga menjual celana.
  2. Perubahan tidak terencana, pada perubahan ini semuanya terjadi secara mendadak dan awalnya tidak di pikirkan terlebih dahulu. Contoh, dulunya universitas boleh saja mempunyai cara belajar yang aneh, yaitu dalam 1 kelas teridiri dari 100 orang. Bayangkan saja, apakah orang yang duduk di paling belakang bisa mendengar suara dosen yang berada jauh di depannya ? Tentu saja tidak, oleh karena itu pemerintah membuat peraturan tentang perkuliahan yang memaksimalkan 1 kelas teridiri dari 40 orang. Universitas tersebut awalnya tidak terpikirkan akan hal itu, dan harus mengikuti rencana pemerintah apabila universitas tersebut ingin tetap exist. Jadinya, universitas yang dulunya mengajar 1 kelas 100 orang sekarang menjadi 40 orang.

 Pemimpin dan kepemimpinan mempunyai makna yang berbeda. Pemimpin itu orang sedangkan kepemimpinan merupakan sifat. Setiap pemimpin mempunyai sifat yang berbeda-beda sesuai dengan perusahaan yang di kelolanya. Pemimpin yang memimpin perusahaan yang sukses mempunyai cara yang lebih efisien dan efektif dalam menjalankan kinerja perusahaanya. Setiap organisasi pasti mempunyai pemimpin, karena apabila tidak mempunyai pemimpin suatu organisasi pasti tidak akan berjalan. Seorang pemimpin biasanya mempunyai sesuatu yang tidak di punyai oleh anggotanya. Ketua juga biasanya di pilih secara voting dari anggotanya, tetapi ada juga pemimpin yang menjadi atasan dengan modal dan cara berpikirnya. Pemimpin yang baik akan selalu melihat kinerja dari bawahan dan mengisi dari bawahan-bawahannya. Pemimpin juga yang mempunyai tanggung jawab paling besar dalam organisasi. Organisasi yang sukses pasti akan terlihat dari pemimpinnya.

0 comments:

Post a Comment