Tuesday, November 26, 2013

IPA & IPS

    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah jurusan yang mempelajari tentang manusia, binatang, tumbuhan, serta semua benda yang berhubungan dengan alam. Pada dasarnya IPA memiliki 3 mata pelajaran yang pokok yaitu biologi, kimia dan fisika. Ketiga mata pelajaran ini sangat saling bergantung, terutama kimia dan fisika yang hampir mirip pembahasannya.
Biologi yang berasal dari bahasa latin yaitu bios yang berarti kehidupan dan logia yang berarti ilmu. Jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, termasuk tentang cara berkembang biaknya, pertumbuhannya, evolusi dan persebarannya.
Kimia yang berasal dari bahasa arab kimiya yang artinya perubahan benda atau zat. Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi.
Fisika adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
  IPS (Ilmu Pengetahuian Sosial) adalah jurusan yang mempelari tentang cara-cara manusia hidup bersosialisasi, umumnya ilmu ini mementingkan kebersamaan antar manusia supaya dapat tercipta masyarakat yang bisa bersosialisasi satu sama lain. Pada dasarnya IPS memiliki 3 mata pelajaran yang pokok yaitu Sosiologi, geografi, ekonomi. Berbeda dengan IPA mata pelajaran yang di ajarkan pada ilmu IPS tidak saling bergantung, namun pada dasarnya ilmu dalam IPS berkaitan dalam dunia nyata.
Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Pada dasarnya, sosiologi membahas ilmu tentang individu, masyarakat, pemerintah, negara, sampai seluruh dunia. Jadi, sosiologi ini membahas tentang struktur-struktur, sikap, pengertian, tujuan dari individu,masyarakat, pemerintah, negara.
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi") dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan").
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
    IPA dan IPS adalah jurusan yang harus kita pilih umumnya pada saat kelas 2 SMA supaya kita bisa meraih cita-cita kita lebih mudah dan terarah. Contohnya, siswa yang bercita-cita menjadi dokter akan mengambil jurusan IPA karena dokter berhubungan dengan organ tubuh manusia yang dalam mata pelajaran IPA ada biologi yang mempelajari tentang mahkluk hidup.Sedangkan, untuk yang ingin bercita-cita menjadi seorang manajemen dalam perusahaan lebih cocok untuk mengambil jurusan IPS karena di IPS ada pelajaran ekonomi yang berhubungan dengan cara mengatur ekonomi perusahaan. Jangan sampai salah memilih jurusan karena jurusan sangat menentukan masa depan. Choose wisely for your future, whatever your decision, it can change the future.
Bani

Sumber : 

1 comments:

  1. makasih info nya guys sangat berguna



    Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

    Bisa untuk HP :

    - IPHONE.
    - ANDROID.
    - NOKIA.
    - BLACKBERRY.
    - WINDOWS PHONE & MOBILE
    - SYMBIAN (tidak tersedia)

    (Sadap data komunikasi)


    - SADAP PANGGILAN SUARA
    - SADAP SMS & MMS
    - SADAP FOTO/ VIDEO
    - SADAP EMAIL
    - SADAP SUARA SEKITAR
    - SADAP CHAT FACEBOOK
    - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
    - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
    - SADAP LOKASI

    Kunjungi: PENYADAP.COM
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete