Thursday, November 14, 2013

Bohong


          

     Apa itu bohong? Mengapa orang sering mengatakan bohong itu dosa? Mengapa orang yang bohong tidak dapat di percaya oleh orang lain?  Dan yang lebih penting, kenapa seseorang harus berbohong?.

         Bohong adalah tindakan / ucapan yang memutar balikkan fakta atau tidak mengatakan sesuatu sesuai fakta. Misalkan saya ulangan matematika mendapat nilai 80 tetapi saya bilang kepada ibu saya bahwa saya ulangan tersebut mendapatkan nilai 100. Tindakan ini bisa di sebut bohong karena saya ingin membuat orang tua saya bangga akan saya.


           Berbohong dosa? mengapa dosa? padahal waktu Nabi Muhammad Saw ingin di bunuh oleh suku Quraisy, sahabat Nabi berbohong kepada kaum Quraisy dengan mengatakan bahwa Nabi sedang tidak berada dirumahnya, yang faktanya Nabi sedang berada dirumahnya, di dalam hal ini sang sahabat Nabi pun berbohong tetapi tidak dosa. Karena, beliau berbohong demi kebaikan, bayangkan saya bila beliau jujur kemungkinan Nabi Muhammad Saw sudah dibunuh oleh kaum Quraisy. Jadi, bohong itu tidak selalu buruk apabila tujuan kita baik.

      Sebenarnya, orang yang berbohong itu tidak selalu berniat buruk tetapi orang yang berbohong sudah pasti ingin menutupi sesuatu yang tidak ingin orang lain mengetahui tentang dirinya. Seperti pada contoh di atas pada saat saya mengatakan nilai matematika saya 100 padahal nilai saya hanya mendapatkan 80, saya berbohong tetapi bukan niat yang buruk, tetapi saya hanya menggunakan tindakan yang tidak baik. Walau mungkin ada niat buruk supaya saya tidak kena celotahan ibu saya tetapi niat utama saya adalah untuk tidak mengecawakan ibu saya.
 
         Apakah orang yang berbohong itu selalu tidak dipercaya oleh orang lain? mungkin ada yang iya, ada juga juga yang tidak. Orang yang berbohong secara terus-menerus bisa saja dicap sebagai pembohong dan tidak bisa dipercaya lagi oleh orang lain. Tetapi, ada juga pembohong yang sering dipercaya oleh orang lain. Contohnya adalah anggota legislatif kita, walau mereka sering berbohong terhadap rakyat tetapi rakyat terus dan terus memilih mereka padahal janji yang mereka janjikan tidak pernah di tepati. Berbohong juga membutuhkan kemampuan karena tidak semua orang dapat berbohong dengan baik. Because being able to lie is a talent - Liar Game. Bani

Sumber : Gambar
      

0 comments:

Post a Comment