Monday, November 25, 2013

Adil

Adil . Apa yang di maksud dengan Adil ? Siapa yang harus adil ? Mengapa kita harus adil ? Kenapa harus ada keadilan ?  Kapan kita harus berbuat adil ? Dimana kita harus berbuat adil ?.
Adil adalah sifat atau pengambilan keputusan yang setara atau tidak memihak satu sama lain. Seseorang yang bijaksana kemungkinan besar akan bersifat adil. Karena, apabila seseorang tidak memiliki sifat adil tidak bisa di katakan sebagai orang yang bijaksana. Siapa saja kah yang harus bersifat adil ? Semestinya semua manusia, tapi apakah mungkin semua manusia bisa bersifat adil ? Apakah hakim yang ditugaskan untuk mengadili kasus kriminal bisa selalu bersifat adil tanpa membela salah satu antara korban atau tersangka ? Apakah seorang dosen bisa memberi nilai yang adil terhadap mahasiswa yang rajin dan malas ? Kemungkinan besar tidak. Sering sekali dalam berita terjadi penyuapan dalam kasus korupsi  yang semestinya para koruptor di hukum secara berat sehingga mendapatkan hukuman yang ringan. Sedangkan untuk seorang dosen kemungkinan beliau akan memberikan nilai kepada mahasiswa yang rajin cenderung lebih bagus, padahal mahasiswa yang rajin tersebut belum tentu se pintar mahasiswa yang malas, lantas mahasiswa yang malas dan pintar tersebut semestinya mendapat nilai yang bagus atau setara dengan mahasiswa yang rajin.
Harus adil, mengapa harus adil ? karena orang yang adil adalah orang yang bisa melihat secara luas untuk mencari yang setara. Sangat tidak mungkin apabila seorang yang adil hanya memiliki pengetahun yang kecil, apabila pengetahuiannya sangat kecil apakah bisa menentukan mana yang adil mana yang tidak? tentu saja rumit untuk seseorang yang berpengetahuin kecil. Kenapa harus ada keadilan ? Keadilan harus ada untuk menyetarakan dunia. Dalam hal ini yang dimaksud adalah untuk mensejahterakan rakyat berekonomi rendah dan menyetarakan rakyat yang berekonomi tinggi. Dalam tindakan ini apakah bisa disebut adil? berarti rakyat yang ekonominya bagus harus di turunkan supaya bisa setara dengan yang mempunyai ekonomi rendah ? tentu saja tidak adil. Orang yang berekonomi bagus tentu saja berjuang untuk bisa mempunyai ekonomi yang bagus. Jadi, keadilan itu berbeda-beda buat setiap orang. Misalkan 
Salah satu tokoh dalam film animasi One Piece yaitu Akainu yang mempunyai jabatan sebagai admiral angkatan laut mempunyai sisi keadilan yang sangat aneh yaitu untuk membunuh semua bajak laut. Padahal kalau dia berlaku adil semestinya dia hanya menangkap bajak laut  dan menahannya sesuai peraturan yang berada pada dunia One Piece. Membunuh yang di maksud Akainu mungkin mempunyai nilai keadilan bagi penduduk kota atau desa yang sering di terror oleh bajak laut, tetapi tidak mempunyai nilai keadilan kepada bajak lautnya. Mungkinkah keadilan itu memang banyak dan bersifat berbeda-beda? mungkin keadilan tidak berlaku untuk manusia yang tidak adil. Tetapi yang pasti keadilan akan membuat  manusia merasakan nyaman dan aman. when justice takes a day of rest. death is twice as busy.


Kapan harus berbuat adil ? Tentunya kapan saja. Karena, apabila kita setiap hari mempunyai sifat adil, maka orang di sekitar kita akan menyadari bahwa adil itu merupakan sifat yang penting.
Untuk yang terakhir, dimana kita harus berbuat adil? tentunya dimana saja, hal kecil seperti ada dosen yang membuang sampah sembarangan dan di ikuti dengan mahasiswa di belakangnya. Berarti kita harus menegur kedua nya, apabila kita hanya menegur mahasiswa karena takut kepada dosen, nilai keadilan kita belum maximal. Jadilah olah orang adil supaya kita bisa merasakan bahwa sebenarnya kita itu setara dan bisa menjadi apapun yang orang lain lakukan. Justice will prevail. 
Bani

Sumber :
Gambar 1
Gambar 2

3 comments: