Monday, April 8, 2013

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan



Sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Tetapi banyak orang yang mengira bahwa sastra adalah bahasa, karena dalam pelajaran Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas mempunyai buku pelajaran yang berjudul Sastra Indonesia dan mereka beranggapan bahwa sastra adalah bahasa.
Seni di Indonesia biasanya dimulai tradisi atau budaya, Tradisi adalah sesuatu yang di turunkan turun temurun dari kakek buyut kepada anak-anaknya. Kebanyakan Seni yang berada di Indonesia adalah seni tari. Tetapi ada juga bermacam-macam seni seperti seni musik, seni lukis,dll. Seni musik adalah seni yang paling menarik di antara semua seni menurut saya. Karena banyak orang yang terhibur bila mendengarkan musik. Musik pun mempunyai banyak genre atau tipe seperti : rock, blues, pop, metal, punk, dll. Di dunia musik ada juga legenda-legenda musik yang disebut  club 27 yaitu para musisi yang meninggal pada usia 27  dan biasanya mereka adalah pemusik yang sangat handal dan dapat membuat orang tergila-gila untuk menonton konser sang musisi tersebut. Di antaranya anggota club 27 adalah : Jimi Hendrix, Kurt Cobain, Jim Morisson, Amy Winehouse.
James Marshall "Jimi" Hendrix Lahir 27 November 1942 adalah seorang musisi yang menurut saya adalah legenda music ber genre rock. Walau beliau tidak mempunyai suara yang bagus tetapi permainan guitar beliau bisa mengimbangi suara beliau dan itu membuat saya kagum,salah satu album yang membuat Jimi Hendrix terkenal adalah Are You Experienced. Jimi Hendrix wafat pada tanggal 18 September 1970. Beliau meninggal pada usia 27 karena narkoba dan membuat beliau menjadi sesak nafas lalu meninggal.
Prosa adalah sebuah jenis tulisan yang mengandung makna seperti puisi tetapi bedanya prosa memiliki variasi ritme yang lebih banyak, serta bisa menggunakan bahasa yang lebih bebas di bandingkan dengan puisi. Prosa berasal dari bahasa Latin yang berarti terus terang, jadi prosa bisa di gunakan untuk mengupkapkan kebenaran, atau bisa juga untuk menulis fakta atau ide yang berada di  surat kabar, majalah , novel, surat dsb. Ada2 jenis prosa yaitu : Prosa Lama dan Prosa Baru. Prosa Lama di bagi menjadi 5 yang di antara nya adalah :  Hikayat, Sejarah, Kisah, Dongeng, dan Cerita Berbingkai. Ada pun 7 prosa baru yaitu : Roman, Novel, Cerpen, Riwayat, Kritik, Resensi, Dan Esai.
Sumber :


https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra
http://en.wikipedia.org/wiki/27_Club
http://id.wikipedia.org/wiki/Prosa

0 comments:

Post a Comment