Saturday, April 20, 2013

Manusia dan Cinta Kasih


                Manusia adalah  makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna karena memiliki akal dan pikiran tidak seperti makhluk lainnya yang hanya memiliki jiwa tetapi tidak berakal. Ada beberapa sifat manusia yang unik karena memiliki akal dan  pikiran yaitu : cinta kasih, kasih sayang, dan pemujaan. Mungkin makhluk seperti binatang mempunyai rasa kasih sayang sesamanya tetapi rasa kasih sayang sesama binatang beda dengan  rasa kasih sayang antar manusia, perbedaannya dapat dilihat dari sifat.
Binatang bisa yang memiliki kasih sayang contohnya kucing, sang ibu kucing akan memberi makanan atau susu pada saat anaknya lahir tetapi ketika anaknya beranjak dewasa sang ibu akan pergi meninggalkan anaknya. Sedangkan manusia tidak seperti itu, ibu akan selalu merawat anaknya sampai besar dan bisa di butuhkan dalam masyarakat. Sangat jarang seorang ibu manusia yang menelantarkan anaknya, mungkin ada beberapa ibu yang menelantarkan anaknya demi kebaikan sang anak. Contohnya ibu tersebut terlibat hutang atau penipuan MLM (Multi Level Marketing) ada beberapa ibu yang memilih untuk suicide (bunuh diri) supaya sang ibu bisa mencairkan asuransi untuk biaya sekolah dan kebutuhan anak.
Sebelum mendalami cinta kita harus tau arti dari kasih sayang terlebih dahulu. Menurut saya, kasih sayang adalah rasa ingin saling memiliki satu sama lain yang sama-sama membutuhkan satu sama lain. Contoh Pasangan kekasih atau ayah dan ibu, ayah dan ibu sama-sama memiliki rasa kasih sayang karena mereka sayang satu sama lain mereka menikah dan mempunyai anak. Tetapi, rasa kasih sayang bisa saja hilang karena beberapa faktor tertentu seperti ; baru menyadari kekurangan satu sama lain,tidak saling toleransi/egois, menyesal akan masa lalu. Bila ayah dan  ibu sudah tidak memiliki rasa kasih sayang satu sama lain maka kita sudah tahu apa yang akan terjadi? Ya, tentu saja mereka akan berpisah dan hidup masing-masing. Rasa kasih sayang bisa muncul dengan sendirinya karena saling mempunyai kesamaan sifat, hobi, pekerjaan, Pengalaman, dll, bisa juga muncul karena sudah saling lama mengenal.
Karena memiliki rasa kasih sayang makan orang tersebut juga bisa di bilang memiliki cinta. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan juga bisa memberikan efek-efek positif maupun negatif. Apabila pasangan kekasih saling mencintai maka salah satu dari pasangan tersebut akan merasa jealous (cemburu)  apabila pasangannya dekat dengan orang lain,walaupun pasangannya itu tidak memiliki rasa cinta kepada manusia yang di cemburui oleh pasangan tersebut. Tetapi, jealous bisa menandakan bahwa seseorang itu benar-benar cinta kepada kita, karena terlalu mencintai kita secara berlebihan maka orang itu akan bersifat jealous kalau kita dekat dengan orang lain yang tidak mereka sukai.

 Sumber :
Film "Liar Game"

0 comments:

Post a Comment