Thursday, October 3, 2013

Manusia dan Keadilan

            Manusia adalah makhluk hidup yang saling membutuhkan atau saling bergantung satu sama lain supaya bisa menjalani hidup yang lebih baik. Tetapi, ada juga manusia yang bisa ingin hidup sendiri tanpa harus hidup dengan orang lain. Oleh karena itu, manusia disebut juga sebagai makhluk monodualisme yang artinya manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial.
           Keadilan adalah suatu kondisi benar secara ideal maupun moral yang menyangkut manusia maupun benda. Keadilan sangat bersifat vital untuk siapapun karena dengan adanya keadilan manusia dapat merasakan kehidup yang lebih layak. Keadilan juga termasuk dalam kelebihan pertama dari intuisi sosial. Setiap negara mempunyai dasar keadilan yang berbeda-beda contohnya bila di Indonesia dasar keadilan berdasarkan Undang-Undang Dasar, tetapi tidak sama dengan negara lain yang menganut kepahaman negara yang berbeda.
            Apabila suatu negara tidak mempunyai keadilan, kemungkinan besar negara tersebut memiliki penduduk miskin lebih banyak daripada negara yang memiliki keadilan. Contohnya saja negara kita Indonesia, Indonesia termasuk negara yang memiliki persentase keadilan kecil karena adanya koruptor dan juga suap-menyuap. Keadilan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan Indonesia untuk sekarang ini.



0 comments:

Post a Comment