Friday, November 15, 2013

Sontek dan Kerjasama


Menyontek? Siapa manusia di dunia ini yang tidak pernah menyontek? apakah ada? kemungkinan besar tidak.
 Menyontek yang mempunyai kata dasar "sontek" adalah suatu sikap yang mempunyai tujuan untuk meniru, menjiplak hasil karya atau kerja orang lain. Apakah menyontek adalah perbuatan yang buruk? tentu saja, karena menyontek dapat merugikan pihak yang telah bekerja keras, sedangkan pihak yang menyontek hanya tinggal meniru jerih payah dari seseorang yang telah bekerja keras. Kebanyakan menyontek ini dapat kita temukan di sekolah ataupun perkuliahan, biasanya juga menyontek lebih sering dilakukan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan nilai bagus tanpa berusaha. Menyontek bukan hanya dalam bidang pendidikan, namun dalam bidang teknologi, karya dan gaya hidup pun bisa juga di tiru. Contohnya gaya hidup, seseorang yang sangat mengidolakan seorang artis maupun dia pemain bola, model, aktor, dsb. Seseorang tersebut bisa saja mengikuti gaya hidup, gaya bicara, dan gaya berpakaian dari artis yang di idolakan. Ilmu dalam bersosialisasi juga dapat di contek atau di tiru oleh orang lain. Misalkan, seorang gubernur dapat terpilih menjadi gubernur karena dia terkenal dengan cara nya bersosialisasi, sehingga apabila saya ingin menjadi gubernur mungkin saya dapat mengikuti, meniru dan mempelajari gaya bersosialisasi dari gubernur yang sekarang sehingga saya bisa terpilih menjadi gubernur yang berikutnya. Jadi, menyontek itu tidak selalu bernilai buruk, bisa saja bernilai baik.

Lalu apakah menyontek sama dengan kerja sama? tentu saja tidak.


  Kerja sama tentu berbeda dengan menyontek, kalau kerja sama tidak merugikan satu sama lain, bahkan bisa saja saling menguntungkan. Misalkan, pada saat ulangan matematika saya mengetahui cara dan jawaban untuk nomor 1, sedangkan teman saya mengetahui cara dan jawaban untuk nomor 2, sehingga saya dan teman saya saling bekerja sama untuk bisa bertukar jawaban. Apakah hal ini termasuk menyontek? Tentu saja tidak, karena di salah satu pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Pada bidang pendidikan kerja sama dalam ulangan sering di anggap sama dengan menyontek. Apakah pada saat nantinya saya  bekerja menjadi dosen atau menjadi guru, saya tidak boleh bekerja sama oleh guru lain yang bidangnya sama dengan saya untuk mencapai tujuan tertentu? Misalkan saya seorang dosen softskill di universitas tertentu, karena saya awalnya baru menjadi dosen, saya melihat dosen-dosen softskill yang senior supaya saya bisa tahu cara mengajar dengan benar. Apakah tindakan saya termasuk tindakan yang salah? mungkin dengan saya menyontek gaya dosen senior saya bisa mengenal lebih akrab dengan beliau sehingga saya bisa bekerja sama untuk mendapatkan kinerja yang tepat dan efisien. Jadi, sudah terlihat bahwa menyontek dan kerjasama itu sungguh berbeda. Pada dunia kerja nanti juga lebih banyak dituntut untuk kerja sama bukan untuk saling berkompetisi, bekerja sama lah dengan teman anda untuk mendapatkan nilai bagus asalkan tidak ada yang dirugikan. Karena pada awalnya manusia adalah mahkluk sosial pasti manusia membutuhkan manusia lainnya, dan jangan lah menyontek, karena menyontek itu sama sekali tindakan yang sangat tidak mempunyai martabat atau harga diri. Bila ingin mendapatkan nilai bagus atau mencapai tujuan tertentu yang positif bekerja sama lah dengan orang lain untuk mendapatkan tujuan yang sama-sama di inginkan, dengan begitu tugas yang susah pun merasa lebih ringan. Work together as a team and reach the target. Bani

Sumber : 
Gambar 2

2 comments:

  1. makasih info nya guys sangat berguna



    Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

    Bisa untuk HP :

    - IPHONE.
    - ANDROID.
    - NOKIA.
    - BLACKBERRY.
    - WINDOWS PHONE & MOBILE
    - SYMBIAN (tidak tersedia)

    (Sadap data komunikasi)


    - SADAP PANGGILAN SUARA
    - SADAP SMS & MMS
    - SADAP FOTO/ VIDEO
    - SADAP EMAIL
    - SADAP SUARA SEKITAR
    - SADAP CHAT FACEBOOK
    - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
    - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
    - SADAP LOKASI

    Kunjungi: PENYADAP.COM
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete