Wednesday, November 27, 2013

Kebutuhan

    Kebutuhan adalah sesuatu yang kita perlukan demi melanjutkan kehidupan kita. Semua manusia pada dasarnya bekerja untuk memenuhi kebutuhan, tidak ada manusia yang bekerja hanya untuk iseng-iseng atau mengisi waktu luang. Kebutuhan setiap manusia pasti beda-beda dan beragam. Semakin besar dan berkembangnya budaya, teknologi,  dan lingkungan sangat mempengaruhi kebutuhan. Kebutuhan di bagi menjadi 4 yaitu :

  1. Kebutuhan menurut tingkatan atau intensitasnya di bagi menjadi 3 yakni :
    • Kebutuhan Primer 
Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi, kebutuhan ini apabila tidak terpenuhi, maka manusia akan kesulitan untuk menjadi hidupnya. Kebutuhan primer termasuk pangan (makanan), sandang (pakaian), papan (rumah) dan pekerjaan.
    • Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi apabila kebutuhan primer telah di penuhi. Namun, harus bisa dipenuhi supaya manusia bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Contoh kebutuhan sekunder : pendidikan, parawisata, rekreasi, dan hiburan.
    • Kebutuhan Tersier
Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contohnya : mobil, motor, komputer, tablet, dan lain-lain.

     2. Kebutuhan menurut waktunya dibagi menjadi 4 yakni :
    • Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus terpenuhi sekarang juga dan tidak bisa di tunda-tunda, biasanya kebutuhan sekarang juga termasuk kebutuhan primer. Contoh : makanan saat lapar, obat saat sakit, pakaian.
    • Kebutuhan yang akan datang / masa depan
Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang diperlukan pada masa depan tetapi bisa ditunda. Contoh : tabungan, asuransi.   
    • Kebutuhan tidak terduga
Kebutuhan tidak terduga adalah kebutuhan yang diperlukan secara mendadak. Contoh : dokter pada saat sakit.
    • Kebutuhan sepanjang waktu
Kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan yang selalu kita butuhkan selama hidup kita. Contoh : uang.

     3. Kebutuhan menurut sifatnya ada 2 yakni :
    • Kebutuhan jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk pemenuhan fisik/jasmani yang sifatnya kebendaan. Contoh: makanan, pakaian, olahraga, dan istirahat.
    • Kebutuhan rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk pemenuhan jiwa atau rohani. Kebutuhan ini sifatnya relatif karena tergantung pada pribadi seseorang yang membutuhkan. Contoh: beribadah, rekreasi, kesenian, dan hiburan.

     4. Kebutuhan menurut subjeknya, ada 2 yakni :
    • Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan seorang saja. Contoh: kebutuhan petani waktu bekerja berbeda dengan kebutuhan seorang dokter.
    • Kebutuhan Sosial (Kelompok)
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi kepentingan bersama kelompok. Contoh: siskamling, gedung sekolah, rumah sakit, dan jembatan
             

Sumber :

Kebutuhan
                         

1 comments: